Bagaimana Kita Bekerja di Thailand - Bagian 1 (Pencarian)

Bagi kebanyakan orang, bekerja di luar negeri dipandang sebagai sesuatu yang prestisius. Adakalanya juga ada anggapan bahwa bekerja di luar negeri dipandang rendah. Tetapi di balik itu semua, bekerja di luar negeri adalah salah satu alternatif untuk mencari pemasukan, terlebih bagi yang mempunyai kemampuan lebih dalam bekerja. Selain gaji yang lebih tinggi, pengalaman luar negeri tentu akan menjadi suatu hal plus dalam karir kedepannya.

Syarat utama untuk bekerja di Thailand adalah anda harus memperoleh letter of acceptance atau letter of offering; tergantung bagaimana perusahaan anda menyebutnya. Bagaimana caranya? Gampang saja. Anda harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat anda, apakah di bidang pariwisata, keuangan, pendidikan, atau di bidang lainnya. Sekedar informasi, pemerintah Thailand menerbitkan daftar pekerjaan yang boleh diambil orang asing (ekspatriat) dan yang tidak boleh diambil, misalnya menjadi petani atau pembuat senjata api. Tentunya, pekerjaan ini sudah banyak diambil oleh orang Thai sendiri ataupun pekerjaan ini tidak boleh dilakukan oleh non-Thai.

Ada banyak sekali website untuk mencari pekerjaan di Thailand. Anda perlu jeli dalam mencari pekerjaan yang cocok sebab bisa saja pekerjaan itu sangat sesuai di hati anda, tetapi sayangnya mereka hanya mencari kandidat wanita, berpendidikan S2, ataupun pekerjaan itu hanya untuk orang Thailand saja. Kalau sudah seperti ini, mau bilang apa lagi, 'kan? Jangan khawatir, situs-situs ini akan selalu diperbaharui/update sehingga masih banyak peluang yang terbuka lagi.

Di bawah ini adalah situs-situs internet yang menyajikan banyak pekerjaan di Thailand:

www.jobsdb.com/th - situs andalan bagi anda yang belum terlalu berpengalaman
jobstreet.com - tidak hanya di Thailand, tetapi juga pekerjaan di luar negeri lainnya
th.indeed.com - semacam google untuk mencari pekerjaan
linkedin.com - situs yang menawarkan pekerjaan professional dengan pengalaman yang musti professional juga

Akan tetapi perlu diingat, di luar situs-situs ini, masih banyak sekali lowongan pekerjaan baik di Thailand maupun di negara lainnya yang tidak diumumkan di sini. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mencari relasi ataupun kawan dari luar negeri.

Kalau anda sudah sampai di tahap melamar pekerjaan via online, pastikan bahwa dokumen yang anda unggah telah sesuai dengan kriteria yang diminta perusahaan. Jangan sesekali mencoba melamar untuk posisi direktur kalau anda baru saja lulus dari SMA atau universitas, karena nihil hasilnya. Nah, bagaimana jiika kita sudah melamar dan ternyata resume kita tidak dibaca oleh mereka? Anda perlu merevisi kembali resume anda. Biasanya, ada sesuatu di resume anda yang bisa diganti atau dihilangkan guna membuat resume anda tampak meyakinkan.

Kalau sudah melamar, biasanya anda tidak cukup dengan satu lamaran saja. Lamarlah sekitar 20-70 buat pekerjaan yang sesuai dengan diri anda. Akan baik sekali jika resume anda telah dibaca dan ternyata pihak HRD (Human Resources Department - SDM) tidak menyetujui anda untuk posisi ini. Setidaknya anda sudah berada dalam tahap membuat resume yang menarik perhatian HRD.

Nah, jika sudah melamar dan ternyata mereka menerima untuk melakukan wawancara, tandanya anda berpotensi untuk diterima. Peluang anda diterima sekarang hanya bergantung dari cara anda menjawab pertanyaan dari HRD dan seberapa mampu anda meyakinan mereka bahwa andalah orang yang mereka cari. Dalam kasus ini, ada banyak sekali orang yang menjawab pertanyaan wawancara dengan berputar-putar, tidak fokus atau terkesan ragu atas jawabannya sendiri. Saran untuk hal ini adalah anda perlu berlatih menjawab pertanyaan wawancara dengan struktur yang benar dan dengan versi anda sendiri. Anda tidak perlu 100% mengikuti pola jawaban wawancara di YouTube, tetapi anda harus yakin bahwa inilah jawaban yang mereka tunggu.

Dalam wawancara di Thailand, pola wawancara umumnya sama pada pola-pola wawancara di perusahaan Indonesia. Akan tetapi mereka terkadang akan mencoba mengetes nalar anda atas suatu pertanyaan yang memerlukan taktik dalam menjawabnya. Ada kalanya mereka cukup cerdas untuk mencari tahu titik lemah dalam diri anda. Tapi jangan khawatir, mereka tidak bermaksud untuk menjatuhkan kita, tetapi lebih kedalam kemampuan kita kedepannya.

Kalau seandainya anda sudah berhasil melakukan wawancara dengan baik, mereka akan mengakhiri wawancara dengan sopan dan kemudian anda tinggal menunggu balasan email dari mereka. Biasanya email akan dikirimkan dalam waktu 1 minggu, atau tergantung perusahaan.

Bagaimana jika ternyata anda ditolak? Jangan patah semangat. Kalau Colonel Sanders dari KFC baru bisa menjual ayam gorengnya setelah ditolak lebih dari 1000 kali, mengapa anda sudah menyerah ketika baru ditolak 5 kali? Memang ditolak itu sakit, tapi lebih sakit lagi jika kita menolak untuk mencoba lagi.

So, good luck for your, job seekers ! :D



Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. untuk pengurusan Visanya gimana ya..



    BalasHapus
  3. Pengurusan visa dilakukan setelah mendapat surat tawaran kerja.

    BalasHapus

Posting Komentar