Mengenal Royal Project : Doi Tung

Thailand dikenal sebagai negara kerajaan yang banyak memberikan kontribusi kepada rakyatnya. Salah satunya adalah proyek kerajaan Doi Tung. Terletak di provinsi Chiang Rai, Thailand utara, Doi Tung adalah salah satu bukti kepedulian raja Thailand terhadap rakyatnya bahkan yang di perbatasan sekalipun. Dalam bahasa Thailand, Doi berarti gunung karena posisinya yang terletak di pegunungan yang beriklim sejuk dan asri, dan Tung adalah bahasa lokal Thailand utara yang berarti bendera vertikal bewarna cerah seperti merah, hijau, biru, yang berhiaskan motif hewan-hewan ataupun ornamen lainnya dalam warna emas.

"tung" bendera tradisional thailand utara
Doi Tung adalah kawasan wisata dimana terdapat tiga tempat yang bisa dikunjungi seperti Aula Inspirasi (Hall of Inspiration), Royal Villa, dan Mae Fah Luang Garden. Di tempat ini kita bisa melihat apa saja kontribusi kerajaan terhadap penduduk di kawasan Chiang Rai dan sekitarnya. Sekedar informasi, kawasan wisata Thailand tergolong cukup bersih dan rapi dikarenakan pariwisata adalah salah satu sumber pemasukan utama negara Thailand. Tiap tahunyya ada sekitra 7 juta wisatawan baik lokal maupun asing yang bertandang ke negeri gajah putih ini.

Jalan masuk ke Doi Tung
Add caption


Restoran dan tempat oleh-oleh  



Dari sini, tempat pertama yang akan dikunjungi biasanya adalah hall of inspiration. Di aula ini banyak memuat foto-foto sejarah kerajaan dan galeri benda-benda. Perlu diketahui bahwa area Doi Tung pada masa lampau atau sekitar tahun 1980-an adalah kawasan penanaman opium. Opium di zaman itu digunakan untuk membayar tentara myanmar untuk berperang. Komoditas opium dijual dan uangnya digunakan untuk menbiayai perlengkapan perang pada waktu itu. Kemudian ibu dari raja Thailand pada saat itu berinisiatif untuk merestorasi tempat ini dari menanam opium untuk beralih menanam komoditas yang lain dan lebih berguna. Atas jasa beliaulah tempat ini kemudian menjadi tempat yang bebas dari pengaruh opium. Masyarakat Thailand utara kemudian mendirikan sebuah universitas di kawasan Chiang Rai dan menamainya dengan Mae Fah Luang (Artinya sudah pernah dibahasa sebelumnya).

Jika kita datang dengan rombongan besar, kita dapat menyaksikan video berdurasi 20 menit di aula kecil dimana di film itu kita diperlihatkan kondisi Doi Tung sebelum dan sesudah restorasi yang dilakukan oleh kerajaan Thailand. Juga diperlihatkan kontribusi proyek kerajaan ini ke beberapa negara seperti Afghanistan dan di provinsi Aceh, Indonesia pada masa tsunami 2004 yang mungkin sebagian besar kita tidak tahu hal ini.

Galeri foto anggota kerajaan


Tidak menjadi bangsawan karena keturunan, tapi karena amal baiknya



Setelah melihat-lihat foto anggota kerajaan dan sejarah kerajaan, kita masih bisa melihat galeri benda-benda masa lampau yang berhubungan dengan aktivitas perdagangan opium yang ada di Doi Tung.

Alat yang dipakai untuk mengisap opium




Alat tradisional suku thailand utara

Contoh bunga opium kering

Setelah dari hall of inspiration, kita bisa menuju royal villa. Royal villa adalah tempat dimana ibu raja beristirahat setelah memantau proyek kerajaan. Berhubung bagian dalam royal villa tidak boleh difoto, maka yang bisa dilihat adalah rumahnya dari luar saja.

Pakaian ditentukan

Suasana didepan royal villa
Dan objek wisata yang terakhir adalah Mae Fah Luang Garden. Taman bunga ini sangat luas dan biasanya agak panas di siang hari, jadi disarankan membawa minum atau payung. Di sini kita bisa melihat banyak spesies bunga  yang ditata rapi dan banyak tempat berfoto yang lumayan disini. Disini puncaknya wisatawan akan berfoto di tengah taman dimana ada sebuah patung karya seniman Thailand.







Dari situ, untuk oleh-olehnya mereka menyediakan komoditas seperti kopi, buah makadamia, madu, dan bunga tentu saja yg berbentuk bibit atau tanaman. Doi Tung adalah salah satu kawasan wisata di thailand utara yang tidak bisa dilewatkan bila ada kesempatan

How to get there?

Airasia (Medan, Jakarta, Bali, Surabaya) - Thailand (Bangkok)
Bangkok (Airasia, Nokair) - Chiang Rai

Atau bisa pakai bis dari Bangkok ke Chiang Rai dengan harga kisaran 700 baht.

Komentar