Air Terjun Phong Pha Bhat di Chiang Rai

Salah satu objek wisata yang berada di Chiang Rai adalah air terjun Phong Pha Bhat. Air terjun ini tidak terlalu terkenal, tetapi justru karena itu tempat ini tepat untuk bersantai menikmati alam. Bila dari Mae Fah Luang University, air terjun ini memakan waktu sekitar 20 menit dengan sepeda motor. Posisi air terjun ini terletak di belakang Chiang Rai Rajabhat University, yang mana merupakan universitas yang berdiri lebih dulu daripada MFU sendiri.


Perjalanan ke air terjun ini agak sedikit melelahkan, karena saat itu perjalanan ke sana dilakukan dengan jalan kaki, cuaca siang, dan dari gerbang menuju ke air terjun berjarak 1000 meter dimana setiap 100 meter ada papan penanda untuk sebagai patokan jarak. 

 Tetapi setelah sekian lama berjalan, akhirnya air terjun nampak juga di pandangan. Sebenarnya masih ada lagi tingkat ke atas, tetapi kawan yang membawa kami mengatakan di sini adalah titik aman yang ada. Ada juga turis asing yang ke sini dengan pemandu, atau pergi sendiri dengan sepeda motor. Suasana di air terjun ini terasa alami karena minimnya keberadaan hal modern seperti stand makanan, papan informasi. Kalau pun ada, hanya sebatas papan biasa dengan minim dekorasi yang bisa mengganggu pemandangan.







Dari hal ini dapat diperhatikan bagaimana keseriusan pemerintah Thailand dalam hal pariwisata. Dalam perjalanan ke air terjun ini, tidak ada sampah yang ditemukan. Di titik 100 meter sudah tersedia tempat sampah yang cukup besar. Salah satu alasan mengapa tidak banyak sampah disini karena toko makanan yang ada hanya dua buah, dan tidak semodern supermaket yang ada di kota-kota besar. 
















Komentar