Singha Park Chiang Rai

Berada di padang rumput luas dengan segelas teh hijau susu dingin? Barangkali itulah satu dari hal yang akan kita dapatkan saat berkunjung ke Singha Park Chiang Rai. Nama aslinya sebenarnya adalah Boon Rawd Farm, namun lebih familiar dengan sebutan Singha Park. Boon Rawd Farm adalah sebuah pertanian yang dikembangkan menjadi tempat wisata di Chiang Rai. Dengan jarak kurang lebih 2 jam menggunakann bus hijau atau disebut songthaew, kita bisa berbaring santai di hamparan halaman rumput luas yang bersih dan permukaannya rata.


Dengan perjalanan yang lumayan panas, akhirnya kami sampai di dekat tanah lapang lengkap dengan patung singa emas yang berdiri di tengah halaman rumput. Patung singa ini adalah lambang dari perusahaan Singha company, yang mana merupakan salah satu perusahaan besar di Thailand. Perusahaan ini menyuplai bir dan air mineral sebagai produk utamanya.

Patung ini juga dipakai untuk foto-foto pastinya dan jadi tempat berkumpul untuk wisatawan.


Sebagai kawasan pertanian yang dijadikan tempat wisata, kami pun bisa mengikuti tur keliling pertanian dengan gratis. Ada sebuah mini bus dengan bak terbuka yang berotasi setiap jamnya. Mini bus tersebut tidak banyak, hanya sekitar 4 -6 unit. Kami pun harus mengantri untuk bisa pergi dengan bus tersebut. Sayang sekali tour guide yang ada di dalam bus hanya menjelaskan dalam bahasa Thai. Tetapi berdasarkan kesimpulan dari penjelasan si tour guide, Boon Rawd Farm ini awalnya tidak sebesar ini, melainkan hanya beberapa bidang tanah yang kemudian diperluas. 

Dalam perjalanan, ada beberapa tempat yang akan disinggahi, seperti kebun teh, buah jujub (Ziziphus jujuba), dan kebun binatang mini. Setiap tempat diberikan waktu 30 menit untuk melihat-lihat. Khusus di kebun jujub, diberikan kesempatan untuk memilih sendiri buahnya. Di kebun binatang mini kita juga bisa memberi makan jerapah atau burung dengan biaya 20 baht untuk makanannya. Binatang yang ada antara lain jerapah, burung, zebra, dan kerbau tanduk besar. Tur ini sendiri memakan waktu sekitar 2 jam.



Puas berjalan-jalan, kita bisa mencari makan di restoran kecil yang ada di dalam kompleks Singha Park. Tidak ada nasi di restoran ini, yang ada hanya kentang goreng seharga 50 baht untuk satu plastik sedang atau bisa membeli minuman seperti kopi frappe atau matcha green tea seharga 70- 100 baht untuk satu gelas sedang. Oleh-oleh seperti kaus Singha, buah jujub, manisan kering, sabun, madu dari bunga buah dapat dibeli di sana. 


Kebun tanaman barley

Kebun teh

Labu raksasa yang memang bisa dimakan


Cara pergi ke Singha Park Chiang Rai

1. Bangkok - Chiang Rai via AirAsia, NokAir, atau dengan bus (700 baht)
2. Memesan van dengan kisaran harga 1500 baht
3. Mengorder Songthaew dengan harga 800 baht






Komentar